Hati-hati penipuan lewat Internet

Halo Sobat, Kali ini AsalSuka hanya memberi informasi tentang penipuan yang sering terjadi lewat email.
Awalnya adalah saya menerima email-email sampah (spam), kemudian saya mengecek email-email tersebut.
Saya agak ragu terhadap email yang saya dapat tersebut. Kebanyakan adalah tidak masuk akal.

Email itu berisi:
  1. Pengirim email membutuhkan bantuan seseorang dari Indonesia, dengan alasan bahwa pengirim sebagai perantara seorang Bankir,Pengusaha,dll yang ingin berinvestasi di Indonesia dan dengan membantunya mentransferkan sejumlah uang dengan nominal lebih dari $10 juta kerekening kita dan dengan komisi 10-30% dari nominal investasi tersebut. Kita juga disuruh untuk membantunya mencari lokasi strategis untuk berinvestasi. Awalnya jika pertama kali Anda baca, lumayan meyakinkan. Awal bahayanya terjadi adalah pada saat Anda membalas email tersebut. Bahayanya adalah seluruh informasi User Account dan Password, bahkan informasi rekening bank yang tersimpan di PC/Laptop Anda secara tidak sadar telah Anda kirim ke pengirim Email tersebut. 

  1. Pengirim email mengatakan bahwa Anda memenangkan sejumlah uang dari lottre/kuis/random lucky. Dan juga tidak tanggung-tanggung, hadiah yang Anda menangkan juga bervariasi dengan nominal jutaan dollar. Selain itu sering kali Pengirim email mengaku sebagai staff dari pihak-pihak website ternama/perusahaan ternama. Pada email penipuan yang kedua ini adalah Anda akan diberi lampiran mengenai hadiah yang akan Anda terima. Saat Anda mendownload lampiran tersebut, hal berbahaya seperti yang diatas (Email penipuan no 1 dengan garis bawah) akan terjadi.

Menurut pengetahuan yang saya dapat di kuliah, penipuan ini memakai teknik penipuan "Kuda-Troya (Trojan Horse)". Teknik Kuda Troya sendiri adalah sekumpulan perintah komputer yang tidak sah yang masuk kedalam program komputer yang sah dan berfungsi dengan baik.

Inilah informasi yang dapat Asal Suka berikan kepada sahabat-sahabat sekalian. Semoga dapat berguna bagi Anda sekalian. Jangan lupa, Pesan dari AsalSuka jangan mudah percaya terhadap sesuatu yang sangat menggiurkan Anda..^^


Terima kasih sudah berkunjung...
Happy Blogging ^^...