Fungsi Chat Box, Penempatan, dan Pilihannya..


Hi sahabat Blogger...
Kali ini saya berkesempatan membuat posting singkat mengenai Chat Box..
Chat box atau biasa kita sebut dengan "Bukutamu" memang sangat penting menunjang kelangsungan blog kita.
Mengapa dikatakan menunjang kelangsungan hidup Blog?? Jawaba saya adalah karena menurut saya sekitar 75% pengunjung Blog/Web Anda, saat pertama berkunjung yang dicarinya adalah ChatBox/Bukutamu tersebut.
Mereka menggunakan Chat Box/Bukutamu tersebut untuk meninggalkan sedikit peninggalan yang cukup berharga di Blog/Web Anda, yaitu link dengan pesan singkat.
Secara tidak sadar, Chat Box/Bukutamu itu menjadi seperti Backlink otomatis bagi para pengunjung. Sadar atau tidak sadar, Anda perlu menempatkan Chat Box/Bukutamu di Blog Anda.

Menurut saya dan juga rekomendasi dari mas Ajim, saya memperkirakan penempatan Chat Box yang baik:

  • Utama: Tempatkan pada tampilan utama Blog Anda, jangan tampilkan pada page/laman yang berbeda, tampilkan pada sisi paling atas atau tengah samping Blog/Web Anda...
  • Kedua: Tempatkan pada kotak Konten tersembunyi pada Blog/Web Anda (taruh pada Gadget HTML/Javascript paling atas agar Chat Box/Bukutamu muncul lebihcepat).. 
Pada penempatan masing-masing diatas, ada kelemahan dan juga ada kelebihannya. Jadi Anda harus memilih dengan bijaksana dalam hal penempatan Chat Box/Bukutamu.


Sekarang kita beralih dari penempatan kepada cara memilih Chat Box/Bukutamu yang baik.
Berdasarkan tinjauan yang saya lakukan, kebanyakan dari para Blogger memakai layanan Chat Box/Bukutamu yang disediakan oleh cbox dan shoutmix. Sering terpikir dalam kepala saya mengapa Blogger lebih menggunakan kedua Chat Box/Bukutamu diatas???
Setelah beberapa waktu berselang, akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya tersebut. Alasanya adalah kedua layanan Chat Box/Bukutamu tersebut waktu loadingnya lebih cepat/ waktu muatnya lebih singkat..
Nah, oleh karena itu bisa saya rekomendasikan ke Sahabat Blogger sekalian. Yang lainya banyak, tetapi tidak saya share disini karena saya belum mencobanya. Jadi, apabila ada yang memberi masukan saya akan menerima dan mengupdate posting ini..^^


Terima kasih sudah berkunjung...
Happy Blogging ^^...